Senin, 11 Oktober 2010

Integral Trigonometri


Integral Trigonometri merupakan hasil kebalikan dari turunan trigonometri. Sebelum kita mencoba mengingat rumus-rumus integral triogonometri maka sebaiknya kita ingat dulu turunan trigonometri. Turunan trigonometri bisa kita tuliskan sebagai berikut
y = sin x maka y' = cos x
y = cos x maka y' = - sin x
y = tan x maka y' = sec2 x
y = cot x maka y' = -csc2 x
y = sec x maka y' = sec x tan x
y = csc x maka y' = -csc x cot x

Dengan demikian jika rumus-rumus ini kita balik akan menjadi







Rumus-rumus tersebut bisa dibuat lebih umum sebagai berikut







Untuk lebih jelasnya kita bisa membuktikan sebagai berikut
misalkan : y = ax + b
maka

Jadi :

















7 komentar:

  1. wah... saya sudah nggak tahu banyak tentang kalkulus nih, maklum udah lama berkutat dg matematika sederhana ala matematika smp. tengok blogku pak, baru belajar nih pak. terimaksih

    BalasHapus
  2. wah blog yg sangat menarik pak...
    saya juga kpengen membuat blog kayak gini..
    bolehkan saya jadikan sumber inspirasi???

    BalasHapus
  3. Boleh juga nih..
    jdi enak blajarnya.

    BalasHapus
  4. keren nih rumus" Matematika, love it

    BalasHapus
  5. wah sangat bermanfa'at sebentar lagi saya ujian... makasih bos infonya... boleh donk mampir ke blog saya...
    BLOG SAYA

    BalasHapus
  6. oke .... makasih atas komentarnya ... selamat mempelajari ...

    BalasHapus
  7. soalnya gak da mas? kok cuma rumus doang!!

    BalasHapus